Kamis, 06 Agustus 2020

PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA KELAS 12 SMK BERBUDI PERIODE SENIN 15 AGUSTUS 2020

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar materi kombinasi, berikut materinya :

MANFAAT KOMBINASI PADA KEHIDUPAN SEHARI – HARISelamat pagi anak anakku.

Permutasi dan kombinasi pada umumnya digunakan untuk menyelesaikan masalah tentang pengaturan suatu objek. Permutasi merupakan suatu cara untuk menyusun unsur dari suatu objek dengan memperhatikan urutannya. Sedangkan kombinasi merupakan cara untuk menyusun suatu unsur dari objek tanpa memperhatikan urutannya.

Contoh kasus untuk permutasi misalnya menentukan kode loker, kode koper, password atm, atau plat nomor kendaraan (diasumsikan tidak ada angka/huruf yang sama). Kalau-kalau kita kecopetan atm (amit-amit) dan si pelaku kurang ahli dalam ngotak-ngatik atm, bayangin aja ada berapa kemungkinan kode yang harus dia coba supaya bisa dia tarik duit di atm yang dia copet-in.

 Penerapan  materi kombinasi. Pasti kalian pernah mengalami kebingungan saat memilih atau mencocokkan sesuatu. Misalnya pada suatu ketika kalian akan pergi ke suatu tempat, dan kalian binggung menentukan pakaian yang akan dipakai. Biasanya kalian mencoba satu per satu baju dan mencocokkannya dengan rok atau celana. Tanpa kita sadari, saat kita mencoba mencocokkan pakainan tersebut kita telah menerapkan materi kombinasi. Dari mencocokkan pakaian tersebut, kita dapat menghitung berapa banyak cara yang dapat dilakukan untuk memilih pakaian yang dirasa sesuai atau cocok.
Contoh lain misal perwakilan 3 dari 10 anggota untuk mengikuti suatu kegiatan. Disini tidak dibutuhkan persyaratan tertentu untuk mengikuti kegiatan tersebut. Atau bisa juga memilih 5 soal yang ingin dikerjakan dari 10 soal yang ada.

Yuk mulai belajar kombinasi, perhatikan ya !!





BERIKUTNYA SILAHKAN ISI PRESENSI DAN LATIHAN SOAL!!














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MERDEKA BELAJAR ?

  Merdeka belajar mungkin bisa dibilang merupakan istilah baru yang sering terdengar saat ini. Konsep ini dicetuskan oleh Menteri Pendidikan...